ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CMS UNTUK PENJUALAN JASA DAN AKSESORI IPHONE PADA TOKO OWAYSTORE

  • Panji Gemilang Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita

Abstract

Owaystore adalah sebuah toko yang menawarkan jasa servis ponsel dan penjualan
produk aksesoris serta gadget bekas pakai khusus iPhone. Saat ini owaystore menghadapi
sejumlah tantangan dalam pengelolaan bisnis. Masalah yang dihadapi diantaranya yaitu
transaksi yang masih dilakukan secara manual, terbatasnya informasi produk yang dapat
diakses oleh pelanggan, dan persaingan pasar yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, penulis
mengusulkan sebuah sistem berbasis e-commerce yang dapat menangani permasalahan
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan sistem web e-commerce berbasis
CMS  yang dirancang agar menarik, nyaman, dan
memudahkan transaksi pelanggan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu Unifed
Modeling Language (UML) untuk memodelkan sistemnya, Business Model Canvas (BMC)
untuk memodelkan bisnis perusahaan dan Search Engine Optimization (SEO) untuk strategi
pemasaran. Hasil yang dari penelitian ini adalah sebuah web e-commerce yang dapat
membantu toko Owaystore memperluas pangsa pasar, memudahkan proses transaksi bagi
pelanggan, dan meningkatkan pertumbuhan penjualan.

Published
2024-10-15