BAHAN AJAR MODUL BERBANTUAN QR CODE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII DENGAN BERBASIS PEMBELAJARAN STEM

  • nina parina smpn 9 pesawaran
  • Handoko Santoso Universitas Muhammadiyah Metro
  • Agus Sujarwanta Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: pengembangan, modul, QR Code, STEM, sistem peredaran darah manusia.

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran berbantuan QR Code dengan berbasis pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Modul berbantuan QR Code dengan Berbasis Pembelajaran STEM pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan dilihat dari aspek desain, materi, dan kebahasaan isi modul tersebut. Metode pada pegembangan penelitian ini adalah model pengembangan 4-D, model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau didapatasikan menjadi model 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.  Hasil persentase uji coba peserta didik dari aspek ahli desain yaitu 91%, ahli materi 92%, dan ahli bahasa 93%, sehingga produk modul layak untuk digunakan oleh guru dan siswa serta dapat diperluas penyebarannya.

Published
2024-08-08