PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI IPA-2 SMA NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Ibnu Sapari SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur
Keywords: Group Investigation (Gi), Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Terdapat dua aspek penting pada saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu proses mengajar yang dilakukan oleh guru dan proses belajar yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran biologi pada kelas XI IPA-2 SMAN 1 Way Jepara Lampung Timur terlihat bahwa metode mengajar didominasi dengan penggunaan metode konvensional, guru kurang memotivasi dan memanfaatkan potensi siswa. Sedangkan pada aktivitas siswa terlihat bahwa siswa kurang mampu membangun pengetahuannya sendiri dan lebih suka mendengar ceramah dari guru, kemudian hanya sedikit siswa yang mampu dan berani mengemukakan pendapat, serta siswa seringkali terlihat ribut dengan aktivitas yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran. Kejadian tersebut tidak boleh berlarut-larut, sehingga untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Group Investigation (GI) pada pembelajaran biologi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II dari yang semula diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,06 pada tes formatif di kondisi awal dengan ketuntasan belajar hanya 35,25%, kemudian mengalami peningkatan menjadi 67,50 pada tes formatif di siklus pertama dengan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 64,71%, dan meningkat menjadi 75,00 pada tes fornatif di siklus kedua dengan peningkatan ketuntasan belajar menjadi sebesar 91,18%. Selain itu penerapan metode Group Investigation (GI) terbukti mampu meningkatkan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II dari yang semula hanya 2 kelompok yang tuntas dalam menunjukkan 8 indikator aktivitas siswa pada kondisi awal, kemudian meningkat menjadi 4 kelompok yang tuntas pada siklus pertama atau meningkat sebesar 50%, dan meningkat menjadi 8 kelompok pada siklus kedua atau meningkat menjadi sebesar 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-19