UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI I LABUHAN RATU DUA KECAMATAN WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Erni Yazid Guru Mata Pelajaran PKn SDN 1 Labuhan Ratu
Keywords: Pembelajaran Inkuiri, PKn, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraa bertujuan untuk membentuk watak warga negara yang baik, yaitu warganegara yang tahu, mau, dan sadar akan hak serta kewajibannya. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pembelajaran PKn di SDN I Labuhan Ratu Dua Kecamatan Way Jepara  Kabupaten Lampung Timur adalah 63,25.Rendahnya nilai siswa disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru monoton. Guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendikarya ilmiahkan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Labuhan Ratu Dua Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur dalam pembelajaran PKn (2) menjelaskan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Labuhan Ratu Dua Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Metode pembelajarannya adalah pembelajaran inkuiri, yaitu pembelajaran yang menekankan pada siswa untuk menemukan sendiri hasil belajarnya.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN I Labuhan Ratu Dua Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi, dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata kelas dan prosentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Labuhan Ratu Dua Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur dalam pembelajaran PKn adalah penggunaan metode pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan materi.Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes terbukti terdapat kenaikan persentase tingkat pemahaman dari siklus I sebesar 68,18 %, Siklus II sebesar 77,27 menjadi 86,36% pada siklus III, atau mengalami peningkatan sebesar 9,09 %. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Labuhan Ratu Dua Kecamatan Way Jepara  Kabupaten Lampung Timur dalam pembelajaran PKn. Untuk itu peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran inkuiri untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-03
How to Cite
Yazid, E. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI I LABUHAN RATU DUA KECAMATAN WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Guru Indonesia, 2(4), 255-267. https://doi.org/10.24127/jgi.v2i4.2511