PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA BENDA ASLI UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS 4 SDN WARINGIN JAYA KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO KABUPETEN LAMPUNG TIMUR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Juminah Juminah Guru Mata Pelajaran IPA SDN Waringin Jaya
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPA

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatifl yang melibatkan adanya partisipasi aktif dari seluruh siswa, yang pembelajarannya berpusat pada siswa. Guru sebagai motivator dan fasilitator. Kenyataannya banyak guru yang pembelajarannya tidak melibatkan siswa, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa tidak optimal. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah :(1) Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Benda Asli Untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya Pada Siswa Kelas 4 SDN Waringin Jaya Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung   Timur  Semester 2 Tahun Pelajaran .2019/2020 ? (2) Bagaimanakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Benda Asli Untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya Pada Siswa Kelas 4 SDN Waringin Jaya Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung   Timur  Semester 2 Tahun Pelajaran .2019/2020? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Waringin Jaya Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung   Timur  Semester 2 Tahun Pelajaran .2019/2020 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal, lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus yang meliputi distribusi frekuensi, mean, standar deviasi, skor minimal-maksimal, persentase. Data tentang ketuntasan siswa dalam penguasaan konsep pembelajaran dapat diterangkan bahwa nilai rata-rata kelas pada studi awal 64 dengan ketuntasan belajar 13 siswa atau rata-rata 45 %, pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan jumlah anggota kelompok 7 siswa dipilih berdasarkan urutan absen siswa, nilai rata-rata yang diperoleh 70 dengan ketuntasan belajar 20 siswa atau rata-rata 71,5%, setelah diadakan tindakan siklus II dengan pembentukan diskusi kelompok anggota 4 siswa dipilih berdasarkan kedekatan pertemanan dan pengefektifan pembelajaran di luar kelas, nilai siswa rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar 28 siswa atau rata-rata 100% tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan dengan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas 4 SDN Waringin Jaya Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung   Timur  Semester 2 Tahun Pelajaran .2019/2020?

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-07
How to Cite
Juminah, J. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA BENDA ASLI UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS 4 SDN WARINGIN JAYA KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO KABUPETEN LAMPUNG TIMUR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Guru Indonesia, 2(6), 417-428. https://doi.org/10.24127/jgi.v2i6.2736