PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEMENT DIVISION ) BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI I SRIBHAWONO KEC. BANDAR SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Sriyanti Sriyanti Guru PKn SDN 1 Sribhawono
Keywords: Hasil belajar PKn, Pembelajaran kooperatif tipe STAD, SD Negeri I Sribhawono

Abstract

Hasil belajar yang rendah merupakan dampak dari permasalahan yang timbul pada proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan Kompetensi Dasar mendiskripsikan tugas dan fungsi pemerintah pusat dan daerah, dan menjelaskan proses PEMILU dan PILKADA bagi siswa kelas VI SD Negeri I Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono  Kabupaten Lampung Timur Semester Ganjil  Tahun 2018/2019. Subyek yang di teliti adalah siswa kelas VI SD Negeri I Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono  Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Tahapan siklus siklus ada 3 yaitu perencanaan, implementasi RPP, observasi serta refleksi. Hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri I Sribhawono dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan, Hal ini disebabkan adanya tindakan di dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II adalah yang tuntas pada pra siklus hanya 12 siswa (44,44%) dari 27 siswa, pada siklus I menjadi 21 siswa (77,77%) dari 27 siswa dan pada siklus II sebanyak 25 siswa (92,59%) dari 27 siswa telah mencapai ketuntasan dengan KKM (65). Rata-rata pada kegiatan pra siklus 54,07 rata-rata siklus I di peroleh 70,19 dan rata-rata pada siklus II di peroleh 79,81. Kesimpulan, pembelajaran kooperatif tipe Student Teams –Achievement Divisions (STAD) jika dilaksanakan sesuai dengan sintaks atau tahapan-tahapannya dengan baik, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintah pusat dan daerah, dan menjelaskan proses PEMILU dan PILKADA bagi siswa kelas VI Semester Ganjil  SD Negeri I Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono  Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019 akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-07
How to Cite
Sriyanti, S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEMENT DIVISION ) BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI I SRIBHAWONO KEC. BANDAR SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Guru Indonesia, 2(6), 443-453. https://doi.org/10.24127/jgi.v2i6.2739