PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 3 MATARAM BARU KECAMATAN MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut guru menerapkan Media Gambar Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas III SD Negeri 3 Mataram Baru Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri 3 Mataram Baru Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Kemudian hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: penerapan Media Gambar Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklusnya 3 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 3 Mataram Baru Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 19 siswa, pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 3 Mataram Baru semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yakni persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 68,57 % dan siklus II sebesar 77,14%.
Downloads
Copyright (c) 2022 Jurnal Guru Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.