PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARSITIPATIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 UJUNG BATU

  • Evi Yanti Harahap SMA Negeri 2 Ujung Batu
Keywords: model pembelajaran parsitipatif, hasil belajar, biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran parsitipatif dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN2 ujung Batu. (2) Untuk mengetahui bagaimana prosedur metode pembelajaran parsitipatif yang dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Ujung Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (actional research). Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Ujung Batu pada Januari – Februari 2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-1 yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Peningkatan terjadi antara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil belajar mengalami peningkatan sekitar 75,86% dari prasiklus, hingga siklus II. Selain itu, penelitan juga menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas antara siklus I dan siklus II. Siklus I hasil keterampilan guru dalam pembelajaran tergolong baik dengan nilai 75, sedangkan pada siklus II 2 nilai 87.50 dengan kriteria sangat baik. (2) Model pembelajaran partisipatif terdiri atas enam tahap yang dapat disederhanakan menjadi tiga tahapan besar, antara lain ; 1) Tahap Pembinaan Keakraban dan Identifikasi Kebutuhan, 2) Tahap Perumusan Tujuan & Penyusunan Program, dan 3) Tahap Pelaksanaan Kegiatan dan Penilaian. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran parsitipatif memberikan kontribuis positif terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-13
How to Cite
Harahap, E. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARSITIPATIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 UJUNG BATU. Jurnal Guru Indonesia, 2(6), 507-522. https://doi.org/10.24127/jgi.v2i6.2785