PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI SPASIAL-VISUAL MODEL MOVIE LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 2 UJUNG BATU
Abstract
Tujuan penelitian ini adlaah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 2 Ujung Batu pada mapel biologi melalui penerapan model strategi pembelajaran spasial-visual model movie learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus kegiatan. Setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan juga refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 2 Ujung Batu yang berjumlah 26 orang. Penelitian dilaksanakan apda semester genap tahun ajaran 2022/2023, tepatnya pada Januari-Februari 2022. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran movie learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem ekskresi pada manusia kelas XI MIPA-1 semester genap di SMAN 2 Ujung Batu. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sekitar 20%-30% dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Selain itu, penelitan juga menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas antara siklus I dan siklus II. Siklus I hasil keterampilan guru dalam pembelajaran tergolong baik dengan nilai 80 sedangkan pada siklus II 2 nilai 88 dengan kriteria baik. (2) Model pembelajaran movie learning terdiri atas enam fase. Fase-1 Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, Fase-2 Penyajian informasi, Fase-3 Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, Fase-4 Membimbing kelompok untuk bekerja dan belajar, Fase-5 Melakukan diskusi antar kelompok, dan Fase-6 Evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model movie learning dalam pembelajaran biologi materi sistyem ekskreasi pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2022 Jurnal Guru Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.