PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI SPASIAL-VISUAL MODEL MOVIE LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 2 UJUNG BATU

  • Syamsubar Syamsubar SMAN 2 Ujung Batu, Riau
Keywords: Hasil Belajar, Movie Learning, MIPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adlaah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 2 Ujung Batu pada mapel biologi melalui penerapan model strategi pembelajaran spasial-visual model movie learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus kegiatan. Setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan juga refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 2 Ujung Batu yang berjumlah 26 orang. Penelitian dilaksanakan apda semester genap tahun ajaran 2022/2023, tepatnya pada Januari-Februari 2022. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran movie learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi  pada materi sistem ekskresi pada manusia kelas XI MIPA-1 semester genap di SMAN 2 Ujung Batu. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sekitar 20%-30% dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Selain itu, penelitan juga menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas antara siklus I dan siklus II. Siklus I hasil keterampilan guru dalam pembelajaran tergolong baik dengan nilai 80 sedangkan pada siklus II 2 nilai 88 dengan kriteria baik. (2) Model pembelajaran movie learning  terdiri atas enam fase. Fase-1 Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, Fase-2 Penyajian informasi, Fase-3 Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, Fase-4 Membimbing kelompok untuk bekerja dan belajar, Fase-5 Melakukan diskusi antar kelompok, dan Fase-6 Evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model movie learning dalam pembelajaran biologi materi sistyem ekskreasi pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-13
How to Cite
Syamsubar, S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI SPASIAL-VISUAL MODEL MOVIE LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 2 UJUNG BATU. Jurnal Guru Indonesia, 2(6), 523-536. https://doi.org/10.24127/jgi.v2i6.2786