Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Matematika

Materi Bilangan Kesebangunan dan Kekongruenan di Kelas 9C SMPN 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Cahyo Purwono Guru Matematika SMPN 1 Tumijajar
Keywords: aktivitas, hasil belajar, strategi DL

Abstract

Salah satu materi pembelajaran dalam Matematika yang menekankan pada pemahaman konsep adalah “Kesebangunan dan Kekongruenan”. Materi ini diberikan kepada siswa di kelas IX. Soal-soalnya sering muncul dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Matematika setiap tahunnya. Sebagian besar siswa mengeluhkan tidak dapat menyelesaikan soal tersebut karena kurangnya pemahaman konsep tentang Kesebangunan dan Kekongruenan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangan Berpangkat melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning (DL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tumijajar kelas 9C sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar Matematika materi Kesebangunan dan Kekongruenan mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya strategi DL di setiap siklus yang dilakukan oleh peneliti. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata disetiap siklusnya. Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya strategi DL ini hanya memperoleh nilai rata-rata 63,13. Akan tetapi, peningkatan mulai terlihat pada saat dilaksanakannya siklus I meningkat menjadi 73,13 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi nilai 78,75 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 10 orang siswa (31,25%) pada kondisi awal, menjadi 75,00% atau 24 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 93,75% atau 30 siswa. Peningkatan aktivitas belajar dari 37,50% atau 12 siswa pada kondisi awal menjadi, 81,25% atau 26 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 100% atau 32 siswa dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-26
How to Cite
Purwono, C. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Matematika: Materi Bilangan Kesebangunan dan Kekongruenan di Kelas 9C SMPN 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Guru Indonesia, 3(3), 239-252. https://doi.org/10.24127/jgi.v3i3.3521