Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Classroom Visitation di SMPN 18 Tulang Bawang Barat Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Muhson Muhson Kepala SMPN 18 Tulang Bawang Barat
Keywords: kemampuan, PBM, supervisi akademik, classroom visition

Abstract

Pengelolaan proses pembelajaran mengajar di SMPN 18 Tulang Bawang Barat yang dilaksanakan oleh para guru masih bersifat konvensional, yaitu metode pembelajaran yang monoton yang diajarkan oleh guru serta keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Proses pembelajaran yang dilaksanakan menjadi kurang maksimal. Keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar merupakan tujuan yang paling diharapkan oleh semua guru. Untuk itu guru harus mampu menciptakan situsi belajar yang efektif. Karena suatu proses belajar mengajar yang efektif berlangsung apabila memberikan keberhasilan serta memberikan rasa puas bagi siswa maupun guru. Seorang guru merasa puas jika siswanya dapat mengikuti proses pembelajaran dengan sungguh-sungguh, bersemangat dan penuh kesadaran tinggi. Hal itu dapat tercapai apabila guru memiliki sikap dan kemampuan secara profesional serta mempunyai kemampuan mengelola proses belajar mengajar yang menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan dan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM melalui pelaksanaan supervisi akademik dengan Teknik Classroom Visitation di SMPN 18 Tulang Bawang Barat  Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 khususnya pada aspek pengelolaan kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Metode dan rancangan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan  dengan prosedur penelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988:10) yang mencakup kegiatan  sebagai berikut : (1) perencanaan (planning),  (2) pelaksanaan tindakan (action),  3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah guru di SMPN 18 Tulang Bawang Barat pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 12 guru. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses belajar mengajar (PBM),  di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun pengelolaan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 46,25 dan hanya masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat cukup signifikan dan terdapat 8 guru  atau 66,67% yang dinyatakan mampu mengelola proses belajar mengajar (PBM) dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 65,50 dan masuk dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi  guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai sebesar 83,25 dalam kriteria nilai baik. Dari hasil penelitian sebagaimana dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan Teknik Classroom Visitation di SMPN 18 Tulang Bawang Barat Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-23
How to Cite
Muhson, M. (2023). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Classroom Visitation di SMPN 18 Tulang Bawang Barat Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Guru Indonesia, 3(5), 500-514. https://doi.org/10.24127/jgi.v3i5.3740