Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi, Aktivitas dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Tabung, Kerucut dan Bola di Kelas 9 H SMPN 1 Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Nilawati Nilawati Guru Matematika SMPN 1 Tulang Bawang Tengah
Keywords: Kontekstual, Matematika, Minat Belajar, Aktifitas, Prestasi

Abstract

Berawal dari prestasi, aktivitas, dan minat  belajar siswa yang secara umum rendah terhadap pelajaran. Melihat fenomena seperti ini maka dilakukan upaya peningkatan prestasi, aktivitas, dan minat belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual, dengan menghubungkan materi pada kehidupan sehari-hari dan lebih menekankan pada pemberdayaan siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi, aktivitas dan minat belajar siswa kelas 9 H SMPN 1 Tulang Bawang Tengah  melalui pendekatan kontekstual. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas 9 H SMPN 1 Tulang Bawang Tengah Kab. Tulang Bawang Barat  Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 34 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanana  , evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan mengunakan tes, sedang data aktifitas siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan data mengenai minat siswa diperoleh dari sebaran angket yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah diberikan pemebelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi, aktivitas dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika  melalui pendekatan kontekstual. Pada Pra siklus   diperoleh nilai rata kelas 65,00 dengan ketuntasan belajar sebesar 44,12% atau 15 siswa, serta aktivitas siswa sebesar 47,06% atau 16 siswa dan tergolong cukup aktif. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 71,62 dengan ketuntasan belajar sebesar 70,59% atau 24 siswa, serta aktivitas siswa sebesar 73,53%  atau 25 siswa dan dikategorikan aktif. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 78,82 dengan ketuntasan belajar sebesar 91,18% atau 31 siswa, serta aktivitas siswa sebesar 94,12% atau 32 siswa dan tergolong aktif, serta adanya peningkatan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Jadi dari siklus ke siklus pembelajaran mengalami peningkatan sesuai dengan target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan minimal 85 % dan minimal mendapatkan nilai 75 Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi, aktivitas dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika pada kelas 9 H SMPN 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-23
How to Cite
Nilawati, N. (2023). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi, Aktivitas dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Tabung, Kerucut dan Bola di Kelas 9 H SMPN 1 Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Guru Indonesia, 3(5), 417-429. https://doi.org/10.24127/jgi.v3i5.3741