Penerapan Scientific Approach Berbasis Learning Community dengan Penjuru Informasi untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Adiktif Siswa Kelas 8G

SMPN 1 Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sumarni Sumarni Guru IPA SMPN 1 Tulang Bawang Tengah
Keywords: action learning, kerjasama, hasil belajar

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah proses pembelajaran IPA yang kurang variatif dan tidak ada inovasi pembelajaran sehingga berujung pada  rendahnya kerjasama dan hasil belajar biologi siswa kelas 8G . SMPN 1 Tulang Bawang Tengah. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatan kerjasama dan hasil belajar biologi dengan menggunakan model scientific approach berbasis learning community dengan penjuru informasi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan model penelitian mengacu pada model spiral dari S. Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8G  SMPN 1 Tulang Bawang Tengah dengan jumlah siswa 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model scientific approach berbasis learning community dengan penjuru informasi dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA siswa. Terbukti dari pengukuran tingkat kerjasama belajar IPA siswa kelas 8G  pada kondisi awal hanya 16 siswa atau 50,00% menjadi 24 siswa atau 75,00% dan 30 siswa atau 93,75% pada siklus kedua, dan peningkatan ketuntasan dan hasil belajar IPA siswa yang awalnya pada pembelajaran pra siklus siswa yang tuntas ada 12 siswa atau 37,50% dinyatakan tuntas pada siklus pertama meningkat menjadi 22 siswa atau 68,75% dan 30 siswa atau 93,75% pada siklus kedua, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni nilai dengan KKM 75 di atas 85%.  Adapun peningkatan nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 63,75 pada kondisi awal menjadi 71,25 pada siklus pertama dan 81,25 pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan  model scientific approach berbasis learning community dengan penjuru informasi pada pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-23
How to Cite
Sumarni, S. (2023). Penerapan Scientific Approach Berbasis Learning Community dengan Penjuru Informasi untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Adiktif Siswa Kelas 8G: SMPN 1 Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Guru Indonesia, 3(5), 430-443. https://doi.org/10.24127/jgi.v3i5.3742