Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Inovatif melalui Pembinaan Berkelanjutan di SMPN 12 Tulang Bawang Barat Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Pengamatan peneliti sebagai kepala sekolah terhadap keterampilan guru di SMPN 12 Tulang Bawang Baratd alam menggunakan metode pembelajaran inovatif di sekolahnya masing-masing masih rendah. Hasil penilaian pada pra siklus pada 14 guru mata pelajaran menunjukkan bahwa belum ada guru yang mendapat kriteria minimal baik, hanya terdapat 8 guru atau 57,14% dalam kriteria KURANG, dan 6 Guru atau 42,86% dalam kriteria CUKUP dengan rata-rata hasil penilaian sebesar 49,76 dengan kriteria KURANG. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan metode pembelajaran inovatif melalui kegiatan pembinaan berkelanjutan. Subjek penelitian sebanyak 14 guru di SMPN 12 Tulang Bawang Barat.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi serta analisis dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan metode pembelajaran inovatif oleh 14 guru di SMPN 12 Tulang Bawang Barat. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil yang diperoleh dari kondisi awal sebanyak 14 guru dinyatakan belum mempunyai keterampilan dalam menggunakan metode pembelajaran inovatif baik atau 0% dengan rata-rata penilaian 49,76, meningkat menjadi 9 guru atau 64.29% pada siklus pertama dengan hasil rata-rata nilai sebesar 69.95 serta 100% pada siklus kedua dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 89.23. Penjelasan mengenai kriteria nilai dari kondisi awa ladalah KURANG, meningkat menjadi CUKUP dan BAIK pada siklus terakhir. Kesimpulannya adalah pembinaan berkelanjutan yang dilakukan terhadap 14 guru di SMPN 12 Tulang Bawang Barat dinyatakan berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan metode pembelajaran inovatif.
Downloads
Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.