Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional Melalui Penerapan Metode Discovery Siswa Kelas 8.4 SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Hasil pengamatan peneliti di SMPN 22 Bandar Lampung menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi IPS masih rendah, siswa kurang aktif dan kurang perhatian dalam pembelajaran, persentase hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah. Pembelajaran IPS khususnya materi pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional yang disajikan tidak akan tercapai apabila siswa mempunyai aktivitas belajar yang kurang baik. Berbagai kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS harus diatasi oleh guru yakni mampu mengembangkan sumber belajar yang sesuai dengan materi IPS, salah satunya adalah penggunaan metode Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui metode discovery siswa kelas 8.4 SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) collaborative yang dilakukan dengan terapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas 8.4 SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswanya 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif terhadap data hasil observasi keaktifan dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 12 siswa atau 40.00%, naik menjadi 22 siswa atau 73.33% pada siklus pertama, dan 30 siswa atau 100% pada siklus kedua. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 63.33 naik menjadi 71.67 pada siklus pertama, dan 80.50 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa (33.33%) pada studi awal, 70.00% atau 21 siswa pada siklus pertama, 28 siswa atau 93.33% pada siklus kedua dan masih terdapat 2 siswa (6.67%) yang belum tuntas belajarnya. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas Kelas 8.4 SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.
Downloads
Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.