Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional Melalui Penerapan Metode Discovery Siswa Kelas 8.4 SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Ida Sri Zulyantina Guru IPS SMPN 22 Bandar Lampung
Keywords: keaktifan, hasil belajar, discovey

Abstract

Hasil pengamatan peneliti di SMPN 22 Bandar Lampung menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi IPS masih rendah, siswa kurang aktif dan kurang perhatian dalam pembelajaran, persentase hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah. Pembelajaran IPS khususnya materi pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional yang disajikan tidak akan tercapai apabila siswa mempunyai aktivitas belajar yang kurang baik. Berbagai kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS harus diatasi oleh guru yakni mampu mengembangkan sumber belajar yang sesuai dengan materi IPS, salah satunya adalah penggunaan metode Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui metode discovery  siswa kelas 8.4  SMP Negeri 22 Bandar Lampung  Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) collaborative yang dilakukan dengan terapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas 8.4  SMP Negeri 22 Bandar Lampung  Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan  jumlah siswanya 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif terhadap data hasil observasi keaktifan dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 12 siswa atau 40.00%, naik menjadi 22 siswa atau 73.33% pada siklus pertama, dan 30 siswa atau 100% pada siklus kedua. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  63.33 naik menjadi 71.67 pada siklus pertama, dan  80.50 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa (33.33%) pada studi awal,  70.00% atau 21 siswa pada siklus pertama, 28 siswa atau 93.33% pada siklus kedua dan masih terdapat 2 siswa (6.67%) yang belum tuntas belajarnya. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas Kelas 8.4  SMP Negeri 22 Bandar Lampung  Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-23
How to Cite
Zulyantina, I. S. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional Melalui Penerapan Metode Discovery Siswa Kelas 8.4 SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Guru Indonesia, 3(5), 474-484. https://doi.org/10.24127/jgi.v3i5.3746