Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Penguatan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Geografi dan Pemetaan di SMAN 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Siti Suparwati Guru Geografi SMAN 1 Pekalongan
Keywords: Hasil Belajar, Presentasi, Diskusi, Sikap, Proyek

Abstract

Literasi dan kemampuan berpikir kritis, salah satunya disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan untuk membelajarkan siswa SMAN 1 Pekalongan, khususnya kelas X IIS-2 pada pelajaran Geografi kurang menarik dan kurang dapat melibatkan siswa untuk aktif. Banyak siswa yang kurang atau bahkan tidak menyukai Geografi karena materinya tidak menantang dan hanya berisi hal-hal yang sifatnya rutin dan hafalan. Pembelajaran dengan diskusi setelah metode proyek, merupakan salah satu metode yang dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan peran aktif siswa untuk terlibat secara fisik maupun emosi dalam proses pembelajaran, hanya saja metode ini belum digunakan secara optimal di SMAN 1 Pekalongan untuk memberdayakan potensi siswa dalam mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X IIS-2 di SMAN 1 Pekalongan dalam pelajaran Geografi pada Dasar Geografi dan Pemetaan, meningkatkan kemampuan presentasi, berdiskusi, dan sikap siswa kelas X IIS-2 di SMAN 1 Pekalongan pada mata pelajaran Geografi. Para siswa kelas SMAN 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020 menjadi subjek penelitian, ada sebanyak sebanyak 28 orang siswa. Sasaran perubahan difokuskan pada hasil belajar, kemampuan presentasi, kemampuan diskusi, dan sikap. Penelitian diawali dengan prasiklus dan diselesaikan pada siklus II. Peneliti menyimpulkan bahwa prestasi belajar Geografi, kemampuan presentasi, diskusi, dan sikap siswa kelas X IIS-2 di SMAN 1 Pekalongan pada sub tema Keunggulan Lokasi Indonesia dapat ditingkatkan melalui penerapan metode diskusi dan pembelajaran berbasis proyek. Rata-rata prestasi belajar telah mencapai sasaran perubahan dan besarnya capaian yang diharapkan. Pada prasiklus belum ada sama sekali siswa yang mencapai nilai 7,0 tetapi pada siklus 1 sebanyak 75% siswa telah mencapai nilai >= 7,0. Pada siklus II siswa yang mencapai nilai di atas atau sama dengan 7,0 telah mencapai 100%. Pada siklus II siswa yang mencapai nilai di atas atau sama dengan 7,0 telah mencapai 100%. Kemampuan presentasi dan diskusi mencapai 93% baik, kemudian sikap predikat baik telah mencapai 100%. Elaborasi diskusi pada kelompok dan proyek tampaknya telah optimal dalam memfasilitasi kemampuan siswa untuk berdiskusi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-30
How to Cite
Suparwati, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Penguatan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Geografi dan Pemetaan di SMAN 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Guru Indonesia, 3(5), 485-499. https://doi.org/10.24127/jgi.v3i5.3797