Upaya Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Geografi Siswa Kelas XI ISOS-1 Melalui Pembelajaran Saintifik Elaborasi Media Film dan Penugasan Selama Masa Pandemi Covid 19 di SMAN 1 Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Suyanti Suyanti Guru Mata Pelajaran Geografi, SM
Keywords: Elaborasi saintifik, media film, hasil belajar

Abstract

Siswa harus belajar melihat posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia. Oleh karena itu pemahaman terhadap berbagai posisi strategis maritim Indonesia harus diberikan kepada generasi muda khususnya siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (Atas). Pemahaman yang kokoh terhadap posisi strategis maritim tersebut akan mendorong kemajuan Negara Indonesia dalam kancah Internasioal. Tetapi kenyataan yang ada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi masih rendah. Lemahnya pemaknaan tentang arti posisi strategis maritim Indonesia membuat para siswa di SMAN 1 Sekampung Udik kurang memiliki kesadaran terhadap pentingnya memandang potensi tersebut sebagai asset modal dasar dalam membangun Negara Indonesia menjadi Negara maju. Selain suasana pemulihan dari Pandemi membutuhkan berbagai upaya yang kuat untuk mengembalikan “Learning Loss”. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sekampung Udik pada siswa kelas XI ISOS-1 Semester Genap, Tahun Pelajaran 2021/2022. Terdapat 29 orang siswa. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Februari sampai dengan bulan April tahun 2017. Pelaksanaan PTK dilakukan sesuai dengan jadwal jam pembelajaran yang telah diatur oleh sekolah. Siklus I menerapkan pembelajaran saintifik dengan pemberdayaan media film, kemudian pada siklus II diperkuat dengan diskusi. Peneliti menyimpulkan bahwa hasil dan aktivitas belajar Geografi tema posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia siswa kelas XI ISOS-1 di SMAN 1 Sekampung Udik dapat ditingkatkan melalui pembelajaran saintifik difasilitasi dengan media film sebagai bahan diskusi dan penugasan. Aktivitas saintifik meningkat dari prasiklus ke siklus I, dan II. Pada siklus II Aspek aktivitas mengamati 71,43%, menanya 69.64, mencoba 75,89, mengasosiasi 70,54, dan mengkomunikasikan 70,54. Pada siklus II, aktivitas kurang menjadi 0%, aktivitas cukup menjadi 3%, dan aktivitas baik menjadi sebanyak 62%. Adapun aktivitas sangat baik mencapai 34%. Prestasi belajar mencapai nilai tertinggi sebesar 10, nilai terendah sebesar 7, nilai rata-rata sebesar 8.28, nilai di atas KBM sudah mencapai 29 siswa. Rata-rata semakin mendekati KBM yang diharapkan sehingga semakin banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata meningkat sebesar 1,48. Perubahan sikap spiritual dan sosial yang semakin baik. Perubahan tersebut merupakan perubahan yang sangat baik, sehingga sebagai besar siswa sudah menunjukkan sikap spiritual dan sosial pada tingkatan cukup. Kemampuan diskusi diskusi yang baik menunjukkan sebesar 93%. Kemampuan presentasi siklus I, bahwa sebanyak 24% siswa sudah menunjukkan klasifikasi tingkat cukup dan mencapai 76% presentase baik. Pada siklus II, kemampuan presentasi menunjukkan bahwa klasifikasi cukup turun menjadi 0, klasifikasi baik menjadi 76% klasifikasi sangat baik 24%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-30
How to Cite
Suyanti, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Geografi Siswa Kelas XI ISOS-1 Melalui Pembelajaran Saintifik Elaborasi Media Film dan Penugasan Selama Masa Pandemi Covid 19 di SMAN 1 Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Guru Indonesia, 3(5), 515-527. https://doi.org/10.24127/jgi.v3i5.3798