THE EFFECTIVENESS OF THE EXPERIMENTAL METHOD IN ENHANCING ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS' UNDERSTANDING OF SCIENCE CONCEPTS

  • Apit Dulyapit Apit Dulyapit Universitas Negeri Jakarta
  • Dara Dwi Khalifatullah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract

Metode eksperimental diakui sebagai pendekatan yang efektif dalam pendidikan sains dasar untuk menumbuhkan pemahaman konseptual yang lebih dalam di antara siswa. Penelitian ini mengkaji efektivitas metode eksperimental dalam meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar tentang konsep ilmiah melalui tinjauan pustaka yang sistematis. Penelitian ini berfokus pada analisis berbagai kajian dan kerangka teoritis terkait penerapan metode eksperimental dalam pembelajaran IPA di tingkat dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimental secara signifikan berkontribusi pada peningkatan pemahaman siswa dengan memberikan pengalaman belajar berbasis inkuiri langsung. Ini mempromosikan pemikiran kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Namun, tantangan seperti kebutuhan akan sumber daya yang memadai, kesiapan guru, dan manajemen waktu dicatat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode eksperimental merupakan strategi pedagogis yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep ilmiah, asalkan ada dukungan dan pelatihan yang tepat bagi guru. Penelitian di masa depan didorong untuk mengeksplorasi strategi spesifik untuk mengatasi keterbatasan dan memaksimalkan manfaat metode dalam lingkungan pendidikan yang beragam.

Published
2025-01-25
Section
Articles