KORELASI AKTIVITAS BERORGANISASI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK MTs MUHAMMADIYAH 1 WAY BUNGUR LAMPUNG TIMUR
Abstract
Seiring dengan banyaknya sekolah yang ada maka semakin banyak pula organisasi sekolah yang ada.
Baik sekolah yang didirikan oleh pemerintah maupun sekolah yang didirikan oleh pihak swasta seperti
sekolah Muhammadiyah. Organisasi yang ada pada sekolah Muhammadiyah khususnya Madrasah
Tsanawiyah yaitu IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
aktivitas berorganisasi Peserta Didik, Kedisiplinan Belajar Peserta Didik dan Korelasi signifikan antara
Aktivitas Berorganisasi dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket,
interview/wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpul di analisis
menggunakan metode produk moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi antara
aktifitas berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur
Kabupaten Lampung Timur tidak mempunyai dampak atau pengaruh terhadap kedisiplinan belajar
peserta didik. Kedisiplinan belajar peserta didik tidak akan menurun dengan peserta didik aktif
berorganisasi, selama peserta didik tersebut mampu mengatur dan membagi waktu belajar dengan baik.
Korelasi antara aktifitas berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik MTs Muhammadiyah 1
Way Bungur Kabupaten Lampung Timur. Jadi, hasil penelitian ini ada hubungan signifikan antara
aktivitas berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik.