MENINGKATKAN FOKUS BELAJAR PAI MENGGUNAKAN METODE GAME BASED LEARNING DI KELAS II SDN PALUMBONSARI III

  • Almauidia Nur lestari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ernawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Syauqillah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Fokus Siswa, Game Based Learning, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Namun, tantangan dalam mengajarkan PAI sering kali muncul dari kurangnya minat dan fokus siswa. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah Game Based Learning (GBL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fokus pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Palumbonsari III melalui penerapan metode games based learning. Metode game-based learning menawarkan solusi dengan mengintegrasikan unsur permainan dalam proses belajar mengajar, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil siklus pertama menunjukkan bahwa 60% siswa dapat memperoleh fokus yang lebih baik dalam pembelajaran. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan dengan mencapai 88% siswa yang dapat mempertahankan fokus pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode games based learning dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan fokus pembelajaran PAI di SDN Palumbonsari III.

Published
2024-11-20