PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCAN BARCODE DI MTs SATU ATAP ZAINUL MANAQIBIL ISLAM ADILUWIH

  • Ida Rahmawati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Prabowo Adi Widayat Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Fikih Taharah, Media, Pengembangan, Scan Barcode

Abstract

Media merupakan suatu bimbingan yang penting dalam proses pembelajaran. dalam pembelajaran ilmu fikih banyak sekali konsep-konsep yang belum tersampaikan dengan baik oleh peserta didik, dikarenakan kurangnya media pembelajaran sehingga pembelajaran terasa sangat membosankan. Sehingga guru dituntut agar lebih kreatif untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran fikih kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran fikih serta implementasi media pembelajaran fikih pada materi taharah melalui modul berbasis Scan barcode. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4D, merupakan salah satu model pengembangan dari metode Research and Develophment (R&D) dengan langkah 1) Tahap pendefinisian (Define) 2) Tahap perancangan (Design) 3) Tahap pengembangan (Develop) 4) Tahap penyebaran (Disseminate), dengan instrumen pengumpulan data melalui angket yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli desain. ketika sudah dinyatakan valid kemudian dihitung menggunakan rumus Presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fikih berbasis scan barcode sudah sangat baik dan layak digunakan. Berdasarkan pada hasil analisis Pengembangan Media pembelajaran fikih berbasis scan barcode pada implementasinya menunjukkan bahwa media pembelajaran fikih menjadi lebih efektif, hal ini ditunjukan dari hasil validasi oleh para ahli serta responden, sehingga media pembelajaran fikih berbasis Scan barcode dapat diterapkan agar proses pembelajaran menjadi efektif.

Published
2024-11-20