Hubungan Emotional Quotient Guru PAI dengan Kemampuan Menginternalisasi Nilai-nilai Religius Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo

  • Amba Nikto Marcedesta Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Cahaya Khaeroni Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Emotional Quotient, Nilai-Nilai Religius, Guru PAI

Abstract

Penelitian   ini   membahas   hubungan   antara   emotional   quotient   (EQ)   guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan kemampuan siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai   religius   di   SMA   Muhammadiyah   1   Purbolinggo.   Tujuan   utama penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi terdiri dari guru PAI dan siswa, dengan sampel 3 guru dan 119 siswa dari kelas XI dan XII. Analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan, meskipun lemah, antara EQ guru PAI dan kemampuan siswa dalam menginternalisasi  nilai-nilai  religius.  Nilai  signifikansi  yang  diperoleh  adalah 0.003, yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Uji korelasi pearson menunjukkan nilai 1.000, menandakan hubungan yang sangat kuat dan positif antara kedua variabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara emotional quotient guru  Pendidikan  Agama  Islam dan  kemampuan  siswa  dalam menginternalisasi nilai-nilai religius di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo.

Published
2024-12-20