STRATEGI INTEGRASI PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM KURIKULUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi integrasi pendidikan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan tantangan yang dihadapi dalam menggabungkan prinsip keberlanjutan ke dalam kurikulum. Menggunakan metode kualitatif pustaka, data dikumpulkan melalui kajian literatur dari jurnal, buku, dan laporan kebijakan terkait pendidikan. Analisis tematik mengungkapkan beberapa hambatan utama, seperti keterbatasan sumber daya, bahan ajar yang tidak memadai, dan kurangnya pelatihan guru. Meskipun demikian, potensi yang ada dalam ajaran Islam, yang menekankan peran manusia sebagai penjaga alam, dapat mendukung penerapan pendidikan berkelanjutan. Hasil penelitian ini menawarkan rekomendasi strategis, termasuk pelibatan pemangku kepentingan dan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek, untuk mendorong pendidikan yang mendukung pembangunan berkelanjutan dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan pendekatan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.