Pelaksanaan Layanan Informasi terhadap Peningkatan Pemahaman Perencanaan Karier

  • Satrio Budi Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rio Septora Universitas Muhammadiyah Metro
  • Adang Misbahuddin Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Perecanaan karier

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah Sekampung, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah Sekampung Lampung Timur, dan evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah Sekampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek data adalah guru bimbingan dan konseling. Data yang diperoleh peneliti melalui metode wawancara secara langsung ke subjek penelitian. Analisis data menggunakan model miles yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan dapat dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Kesimpulan pada penelitian ini (1) perencanaan layanan informasi Guru bimbingan konseling bekerjasama guru kelas maupun luar kelas menyusun asesmen dengan kata lain apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. (2) pelaksanaan layanan informasi sesuaikan dengan apa dari hasil asesmen tersebut dan maksimalkan media-media yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan untuk peserta didik yaitu itu pemahaman karir. (3) evaluasi proses dan evaluasi, hasil evaluasi proses segala sesuatunya dari perencanaan media pelaksanaan dan sasaran dicari tahu di mana kelebihan dan kekurangannya Adapun evaluasi hasil dilakukan untuk melihat sejauh mana peserta didik dapat memahami apa yang telah disampaikan maupun diberikan dari Guru bimbingan konseling.

Published
2022-06-29
How to Cite
Wibowo, S., Septora, R., & Misbahuddin, A. (2022). Pelaksanaan Layanan Informasi terhadap Peningkatan Pemahaman Perencanaan Karier. Counseling Milenial (CM), 4(1), 1-13. https://doi.org/10.24127/konselor.v4i1.2345
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>