Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Topik Self-Control terhadap Kenakalan Remaja
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh positif layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self-control terhadap kenakalan remaja di SMK Islam Bina Khalifah Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan layanan Bimbingan Kelompok dengan topik layanan self-control untuk mereduksi kenakalan remaja pada peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 9 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket, dan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan kenakalan remaja pada peserta didik di SMK Islam Bina Khalifah Bangsa yang dibuktikan dengan rata-rata skor angket pada pretest senesar 103,5 dan skor postest sebesar 83,88. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perlakuan menggunakan layanan Bimbingan Kelompok menggunakan topik layanan Self Control terhadap kenakalan peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t yang diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 6,039 > 2,306.