Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Managing Angry Emotions pada Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling

  • Agus Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Satrio Budi Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Riska Rahmanda Putri Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Managing Angry Emotions, Guru Bimbingan dan Konseling, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus tujuan yaitu untuk mengetahui teknik guru bimbingan dan konseling dalam managing angry emotions pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek data adalah guru bimbingan dan konseling, peserta didik. Data yang diperoleh peneliti melalui wawancara secara langsung kepada subjek penelitian. Analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dalam penelitian teknik guru bimbingan dan konseling dalam mengelola emosi marah pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling ini ternyata guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 4 Metro mampu mengelola emosi marah dengan cara mengenali secara biologis, emosional, sosial, dan spritual, kemudian mampu mengendalikan emosi marah dengan pengalihan, penyesuaian, dan copping strategi, terakhir guru mampu mengungkapkan emosi marah secara asertif secara anger control.

Published
2022-06-29
How to Cite
Wibowo, A., Wibowo, S. B., & Putri, R. R. (2022). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Managing Angry Emotions pada Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Counseling Milenial (CM), 3(2), 246-257. https://doi.org/10.24127/konselor.v3i2.2353
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>