Perilaku Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren

  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Agus Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Siti Nafiah Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Perilaku Penyesuaian Diri, Santri, Pondok Pesantren

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren Irsyaadul Ibad Mekarsari Pasir Sakti Lampung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren Irsyaadul Ibad Mekarsari pasir Sakti Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif desktiptif. Subjek data adalah santri Pondok Pesantren Irsyaadul Ibad. Data diperoleh menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model miles yaitu reduksi data. Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian adalah santri sulit menyesuikan diri karena peraturan yang ada di Pondok Pesantren dan sulit menyesuikan diri karena teman satu asrama memiliki suku yang berbeda karena itu santri sulit menyesuiakan diri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Permasalahan penyesuaian diri santri dipondok pesantren santri mengaku sulit menyesuaiakan diri dikarenakan belum terbiasa adanya peraturan dan kegiatan yang ada dipondok pesantren (2) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan penyesuaian diri santri yaitu dengan memberikan layanan konseling kelompok dan meminta bantuan kepada santri yang sudah tinggal lebih lama meskipun awal mulai berat karena belum terbiasa dengan peraturan dan kegiatan akan tetapi guru bimbingan dan konseling selalu berupaya memberikan  dorongan dan arahan untuk santri yang sulit menyesuaiakan diri.

Published
2021-06-21
How to Cite
Pranoto, H., Wibowo, A., & Nafiah, S. (2021). Perilaku Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren. Counseling Milenial (CM), 2(2), 363-375. https://doi.org/10.24127/konselor.v2i2.1058
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>