Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal dalam Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik
Abstract
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahuibagaimana pelaksanaan dan hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik SMA Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan pendekatandeskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada data yang telah terkumpul berbentuk kata, gambar dan bukan angka. Penelitian ini membahas layanan bimbingan klasikal (X) dan prokrastinasi akademik (Y) tujuan utama dalam penelitian adalah mendapatkan data, dan merupakan pekerjaan yang penting dalam langkah penelitian tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan metode observasi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil layanan bimbingan klasikal dalam mengurangi perilaku prokrastinasi peserta didik yaitu layanan klaikal yang diberikan guru Bimbingan dan Konseling memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik yang mencerminkan perilaku prokrastinasi akademik.