Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Merokok pada Peserta Didik SMP Negeri 10 Metro

  • Karwono Karwono Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Ega Ayu Rahmadhini Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Perilaku Merokok

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada peserta didik SMP Negeri 10 Metro dan upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku merokok pada peserta didik SMP Negeri 10 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek data adalah guru Bimbingan dan Konseling dan peserta didik. Data yang diperoleh peneliti melalui metode wawancara secara online dengan menggunakan Google Form ke subjek penelitian. Analisis data menggunakan model Mc Durry yaitu membaca dan mempelajari data, mempelajari kata-kata kunci, menuliskan tema yang di temukan dan melakukan koding. Pengujian keabsahan dapat dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan,  triangulasi sumber data dan triangulasi metodologi (observasi dan wawancara).Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada peserta didik dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya, faktor predisposisi yaitu terkait dengan usia dan pendidikan, faktor pendukung yaitu lingkungan tempat tinggal dan fasilitas dan faktor pendorong yaitu orang tua, teman sebaya dan lingkungan sosial. (2) upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku merokok pada peserta didik adalah dengan memberikan bimbingan pribadi dan bimbingan kelompok, juga melakukan kerjasama dengan beberapa pihak internal seperti wali kelas dan guru mata pelajaran. Guru Bimbingan dan Konseling juga bekerja sama dengan pihak eksternal yaitu wali murid dan instansi kesehatan.

 

The purpose of this study is for the factors that cause smoking behavior  students of Junior High School 10 Metro and the efforts made by the Guidance and Counseling teachers in overcoming smoking behavior of students of Junior High School 10 Metro in 2019/2020 Academic Year. This type of research is descriptive qualitative. Data subjects were the Guidance and Counseling teacher and students. Data obtained by researchers through an online interview method using Google Form to the subject of research. Data analysis uses Mc Durry's model, namely reading and studying data, studying key words, writing down the themes found and coding. Validity testing can be done by extending participation, triangulating data sources and methodological triangulation (observation & interview). The conclusions in this research are (1) the factors that cause smoking behavior in students are motivated by several factors including, predisposing factors related to age and education, supporting factors related to the environment of residence and facilities and driving factors, the parents, peers group and social environment. (2) Guidance and Counseling teacher's efforts in overcoming smoking behavior on students is to provide personal guidance and group guidance, also collaborate with several internal parties such as homeroom teacher and subject teacher. Guidance and Counseling Teachers also work with external parties, namely student guardians and health agencies.

Published
2020-08-05
How to Cite
Karwono, K., Pranoto, H., & Rahmadhini, E. A. (2020). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Merokok pada Peserta Didik SMP Negeri 10 Metro. Counseling Milenial (CM), 1(2), 117-129. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/285
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>