Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Motivasi Belajar

  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nurul Atieka Universitas Muhammadiyah Metro
  • Felicia Inggit Aspurua Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Metro Tahun ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 5 Metro.Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen Desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 232, dan yang memiliki motivasi belajar rendah berjumlah 35 orang peserta didik, jadi pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, disesuaikan dengan tujuan peneliti, pertimbangan dalam menentukan sampel dalam penelitian ini dengan memilih 15 orang peserta didik dari kelas VIII SMP Negeri 5 Metro yang mengalami tingkat motivasi belajar yang paling rendah diantara beberapa partisipan yang diidentifikasi memiliki motivasi belajar yang rendah. Pengambilan data padapenelitian ini menggunakan metode angket. Analisis data dengan uji t ditunjukan pleh selisih perubahan skor motivasi belajar peserta didik dari hasil pretest dan postest sebesar 15,6. Terdapat pengaruh positif layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari pengujian hipotesis didapatkan hasil perhitungan nilai t hitung > t tabel (36,14> 24,99) dari signifikasi 0,05 dan derajat kebebasan (db = n - 1 = 15 - 1 = 14).Kesimpulan pada penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar peserta didik khususnya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Metro.

Published
2022-12-11
How to Cite
Pranoto, H., Atieka, N., & Aspurua, F. I. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Motivasi Belajar. Counseling Milenial (CM), 4(1), 48-59. https://doi.org/10.24127/konselor.v4i1.3142

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>