Layanan Bimbingan Kelompok dengan Uno Stacko Game Media dalam Meningkatkan Social Interactions

  • Kintan Ammalia Putri Aji Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rio Septora Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Uno Stacko, Interaksi Sosial

Abstract

Layanan bimbingan kelompok dengan uno stacko game media ini untuk mengetahui pengaruh terhadap interaksi sosial peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kotagajah. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif eksperimen kelompok one group pretest-postest design. Populasi berjumlah 150 peserta didik. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu berjumlah 6 peserta didik. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket. Pengujian untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Data hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukan bahwa adalah thitung = 27,624> ttabel = 2,015, selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan skor pretest sebesar 56,8 dan posttest sebesar 82,7 sehingga kenaikan skor sebanyak 25,8. Berdasarkan hasil perhitungan tesebut berarti layanan bimbingan kelompok dengan uno stacko game media memberikan pengaruh interaksi sosial peserta didik kelas VIII di di SMP Negeri 2 Kotagajah. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan uno stacko game media dapat dijadikan alternatif untuk mengembangkan media layanan bimbingan kelompok yang ada di sekolah agar lebih efektif dan mempermudah dalam mencapai tujuan yang akan dicapai.

Published
2023-06-01
How to Cite
Aji, K. A. P., Pranoto, H., & Septora, R. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Uno Stacko Game Media dalam Meningkatkan Social Interactions. Counseling Milenial (CM), 4(2), 149-159. https://doi.org/10.24127/konselor.v4i2.3814
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4