Pengaruh Bimbingan Klasikal terhadap Konsep Diri

  • Rio Septora Universitas Muhammadiyah Metro
  • Isna Hidayah Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Bimbingan klasikal, konsep diri

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 70 orang. Sampel penelitian berjumlah 16 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument dalam penggambilan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. dengan hasil yang diperoleh thitung = 18,5252 sedangkan ttabel = 1,71088 dari signifikan (α) sebesar 0,05, selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan skor pre-test sebesar 57,87 dan post-test sebesar 83,12 sehingga terjadi peningkatan skor sebanyak 25,25. Hal itu menunjukan bahwa bimbingan klasikal berpengaruh terhadap konsep diri peserta didik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap konsep diri peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulang Bawang tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2022-06-29
How to Cite
Septora, R., & Hidayah, I. (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal terhadap Konsep Diri. Counseling Milenial (CM), 3(2), 205-216. https://doi.org/10.24127/konselor.v3i2.2350
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)