Pengaruh Layanan Informasi menggunakan Media Film terhadap Minat Berwirausaha

  • Melati Purba Wulandari Universitas Muhammadiyah Metro
  • Achmad Irfan Muzni Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rio Septora Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: layanan informasi, media film, minat berwirausaha

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan media film terhadap minat berwirausaha pada peserta didik di SMK Kartikatama Metro. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang mengkaji pengaruh antara variabel X terhadap Variabel Y. Rancangan one group pretest-posttest yaitu rancangan penelitian dengan menggunakan populasi seluruh kelas sebagai sampel penelitian, kemudian dilakukan pretest untuk menguji minat berwirausaha pada peserta didik sebelum diberikan perlakuan.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik sampling menggunakan cara sampling jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 68 Peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan Angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 23,661>1,996, maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh Layanan Informasi dengan menggunakan media Film terhadap Minat Berwirausaha pada Peserta didik di SMK Kartikatama Metro  Tahun Pelajaran 2021/2022.

Published
2023-06-01
How to Cite
Wulandari, M. P., Muzni, A. I., & Septora, R. (2023). Pengaruh Layanan Informasi menggunakan Media Film terhadap Minat Berwirausaha. Counseling Milenial (CM), 4(2), 179-187. https://doi.org/10.24127/konselor.v4i2.3823
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>