KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH BRAJA SELABAH LAMPUNG TIMUR

  • Yudi Uni Fiandi Yudi Uni Fiandi
  • sudirman sudirman
  • Marzuki Marzuki
Keywords: KualitasPelayanan tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas pelayanan pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Braja selebah. Dalam penelitian ini akan di ukur layanan pendidikan berdasarkan standar nasional. Adapun penilaian kualitas layanan pendidikan pada SMK Muhammadiyah Braja Selebah menggunakan penilaian yaitu: layanan sarana prasarana, layanan tenaga pendidik atau guru, dan layanan tenaga kependidikan atau karyawan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data kualitatif dianalisis menggunakan model interaktif dengan tahapan yang dimulai dari Pengumpulan Data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan deskripsi hasil paparan data dan temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan pada SMK Muhammadiyah Braja Selabah termasuk kategori kurang baik. Dikarenakan masih ada dimensi yang belum berjalan optimal. Dengan demikian diperlukan upaya dari manajemen sekolah untuk memenuhi secara optimal fasilitas-fasilitas fisik sekolah demi terlaksananya pelayanan yang berkualitas, harus meningkatkan kualitas kopetensiĀ  guruĀ  dan profesioalitas, merumuskan dan menerapkan Prosedur Operasional secara tegas dan konsisten, pengawasan dan pengembangan kompetensi petugas layanan.

Published
2021-08-30
Section
Articles