Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Dari Bahan Alam Biji Hanjeli
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak, sehingga dirasa perlu menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan motrik halus tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan meronce dari bahan alam biji hanjeli. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dari bahan alam biji hanjeli pada anak kelompok A usia 4-5 tahun, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara daring (online) dan instrument yang dilakukan yaitu berupa lembar unjuk kerja kemampuan motorik halus anak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini adalah melalui kegiatan meronce dari bahan alam biji hanjeli kemampuan motorik halus anak kelompok A Kober Aulia Desa Gendereh Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan. Hasil akhir pada siklus II menunjukan persentase yang mencapai target kemampuan motorik halus adalah 92%, dengan rata-rata skor kemampuan motorik halus anak secara klasikal mencapai 3,5 dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).
Kata kunci: kemampuan motorik halus, kegiatan meronce
Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the jurnal kajian anak (J-Sanak) for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: ummetropiaud@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional