Media Siber: Aktivisme Pendidikan Anak Usia Dini Pada Akun Youtube Bilal Cerita dan Lagu Anak Islami
Abstract
Dikehidupan modern ini, media siber youtube hadir dengan peminat paling banyak untuk diakses. Hal ini karena youtube menawarkan visual yang menarik sehingga banyak disukai utamanya anak-anak. Gambar memiliki dampak unik pada pemirsa. Pengungkapan ide, ungkapan, dan ideologi dapat disampaikan melalui bahasa visual. Hal ini menunjukkan bahwa objek visual mempunyai makna tertentu dan mencakup aspek komunikatif. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa respons anak bersifat visual pada isi konten you tube. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti aktivitas pendidikan anak usia dini pada akun youtube Bilal Cerita dan Lagu Anak Islami. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memungkinkan penulis mendeskripsikan dan menafsirkan secara rinci data dan suatu gejala-gejala yang didapatkan dalam pencarian data. Ada 4 elemen analisis yang penulis gunakan yang mengacu pada analisis media siber Rulli Nasrullah yaitu analisis dokumen media, analisis ruang media dan analisis pengalaman. Hasil menunjukkan bahwa pada akun youtube Bilal Cerita dan Lagu Anak Islam ada aktivitas pendidikan anak yang disajikan pada konten lagu-lagu islami berupa video klip anak-anak dan juga film pendek cerita-cerita islami yang diperankan oleh kartun anak-anak.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the jurnal kajian anak (J-Sanak) for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: ummetropiaud@gmail.com

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional







