OPTIMALISASI MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DI SMPN 4 METRO

  • Ira Yulita Universitas Muhammadiyah Metro
  • Intan Sovi Aghnia Qolbi Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iche Widdia Putri Universitas Muhammadiyah Metro
  • Arif Rahman Aththibby Universitas Muhammadiyah Metro
  • Friska Octavia Rosa Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Education, Module, Concept Understanding, Project Based

Abstract

Physics education at the junior high school level is often faced with
difficulties in approaching students with abstract concepts. Project-based
learning modules are considered a contextual and relevant approach to
everyday life, allowing students to learn actively through project activities. This
research uses the natural observation method involving physics teachers and
students of SMPN 4 Metro. The natural observation method in its
implementation uses observation sheet instruments and interview sheets.
This article optimizes the concept of optimizing the project-based learning
module which is used as an effective strategy in helping understand concepts
in physics learning at SMPN 4 Metro. The results of the literature review show
that students' understanding of physics concepts will increase and be
effective if physics learning uses project-based modules. This needs to be
optimized in its application to learning as a learning resource. So there is a
need for further studies and research regarding the effectiveness and
implementation of modules and projects in physics learning.

References

Albana, Leila Fajrie Auddiena Nuriel Fath. 2020. "Efektivitas Modul
Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Sumber Belajar Siswa Smk." 5.1
Sap (Susunan Artikel Pendidikan)
Alfiyah, Z., & Marsuki, M. F. 2023. Optimalisasi Peningkatan Hasil Belajar
Kognitif Materi Sistem Tata Surya Melalui Implementasi Project Based
Learning Kelas 7e Di Smp Negeri 49 Surabaya. Jurnal Multidisiplin
Indonesia, 2(7), 1661-1676.
Anjani, F. D. 2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur
Kemampuan Kolaborasi Dan Disiplin Siswa Pada Pembelajaran Fisika
Berbasis Proyek. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: FKIP Unuversitas
Lampung.
Barlenti, I., Hasan, M., dan Mahidin, M. 2017. Pengembangan Lks Berbasis
Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal
Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education),
5(1), h.81-86.
Fardela, R., Zulfi, Z., Muttaqin, A., Marzuki, M., Mardiansyah, D., Mora, M., dan
Delvihardini, R. 2023. Pengayaan Materi Fisika: Induksi Elektromagnetik
Di Sekolah Menengah Atas. Monsu'ani Tano Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 6(2), 483-493.
Hulu, S. J. R., dan Simorangkir, M. 2022. Pengaruh Penggunaan Modul Dalam
Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas
Xi Semester 1 Pada Materi Termokimia. Educenter: Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 1(3), h. 141-151.
Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. 2018. Analisis Interaksi Guru Dan Siswa
Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 15 Kota
Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(3), h. 270-282.
Mahfuzhah, F. S. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl)
Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Plantae (Bachelor's
Thesis, Fitk Uin Jkt).
Marwati, M., Taufik, L., dan Qurniati, D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Motivasi
Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 3 Praya. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan
Kimia, 3(1), h. 94–103.
Muharromah, T. R. 2019. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang
Minyak Jelantah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa
SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8(2), h. 418 – 429.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma'mun, A. H., &
Yahya, M. D. 2023. Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran
Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah
Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), h. 35-47.
Parwati, Y., Gunawan, G., Zuhdi, M., & Kosim, K. 2020. Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Melalui Pendekatan
Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika
Peserta Didik. Indonesian Journal Of Applied Science And Technology,
1(3), h. 96-106.
Prihatini, R. S. T. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Ilmu
Pengetahuan Alam Di Smp: Kajian Literatur. Pendekar: Jurnal Pendidikan
Berkarakter, 1(6), h. 179-186.
Ramayani, D. L. 2022. Pengembangan Instrumen Asesmen Pada Pembelajaran
Berbasis Proyek Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Dan
Numerasi Siswa Pada Materi Getaran Harmonis. Skripsi tidak diterbitkan.
Lampung: FKIP Universitas Lampung
Samosir, W., Watung, S. R., & Rattu, F. M. 2023. The Influence Of Project Based
Learning And Problem Solving Models On Student Learning Outcomes At
Sma Negeri 7 Manado. Jurnal Ekonomi, Kependidikan, Manajemen, Dan
Akuntansi, 1(2), h. 110-117.
Saputra, A., Saprudin, Fatma Hamid, N. A. R. 2023. Optimalisasi Model Project
Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Calon Guru Fisika
Di Era New Normal. U-Teach: Journal Education Of Young Physics
Teacher, 4(1), h. 19-29.
Sastrika, I. A. K., Sadia, W., dan Muderawan, I. W. 2013. Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa
Indonesia, 3(2).
Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nuraini, S., & Ramadhasari, R. 2019.
Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Thaharah. Jurnal
Penelitian, 13(1), h. 1-16.
Wahyuningsih, S. 2022. Peran Empat Modalitas Belajar Fleming Dalam Proses
Pembelajaran Pai Berbasis Proyek: Studi Implementasi Kurikulum
Merdeka Di Smkn 4 Malang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), h. 41
– 50.
Published
2024-11-25