Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Manajemen Waktu

  • Achmad Irfan Muzni Universitas Muhammadiyah Metro
  • Yuliana Sari Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Manajemen Waktu, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persiapan layanan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkanmanajemen waktu peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Gajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) untuk mengetahui pelaksanaan layanan guru bimbingan dan konseling dalam mengingkatkan manajemen waktu peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Gajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui evaluasi yang dilakukan guru bimbingan dan konselingdalam mengingkatkan manajemen waktu peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Gajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengumpul data penelitian sekaligus menganalisis data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif induktif. Kesimpulan penelitian ini adalah Persiapan layanan bimbingan dan konseling sebagai upaya untuk membantu peserta didik meningkatkan manajemen waktu telah sesuai dengan prosedur layanan atau SOP. Dalam hal pelaksanaan layanan, maka upaya yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan layanan bimbingan klasikal untuk memahamkan kepada peserta didik akan pentingnya pengelolaan waktu yang baik dan benar. Terkait dengan evaluasi dan tindak lanjut, guru bimbingan dan konseling berupaya untuk mencapai tujuan layanan bimbingan klasikal secara optimal dengan terus memantau perkembangan peserta didik.  

Published
2021-12-01
How to Cite
Muzni, A., & Sari, Y. (2021). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Manajemen Waktu. Counseling Milenial (CM), 3(2), 554 - 565. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/1815
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>