Pengembangan E-Modul Etika Penggunaan Media Sosial

  • Satrio Budi Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Filipus Davin Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: E-modul, Media Sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-modul etika bermedia sosial. Penelitian ini merupakakan penelitian pengembangan, pengembangan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengembangan media E-Modul Bermedia Sosial. Pengembangan media pembelajaran modul ini mengadopsi pada metode 4D ( Define, Design, Develop, Desseminate). Dalam penelitian ini, dilakukan pengembangan media mengikuti langkah-langkah atau prosedur pengembangan 4D. Instrumen validasi dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pedoman skor menggunakan skala likert 1-5. Berdasarkan hasil pengembangan  yang dilakukan maka dalam penelitian ini menghasilkan produk berupa E-modul. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan 4D atau diadaptasi model 4-P terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, hingga penyebaran. Tahap sebagai pengembangan e-modul etika penggunaan media sosial. E-modul etika penggunaan media sosial termasuk dalam katagori Sangat Layak untuk di gunakan dari hasil penilaian 8 ahli.

Published
2021-12-01
How to Cite
Wibowo, S. B., & Davin, F. (2021). Pengembangan E-Modul Etika Penggunaan Media Sosial. Counseling Milenial (CM), 3(1), 40-55. https://doi.org/10.24127/konselor.v3i1.1807

Most read articles by the same author(s)