Managemen Layanan Konseling Individu untuk Meningkatkan Self-Acceptance

  • Nindi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Satrio Budi Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rio Septora Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Layanan Konseling Individu, Penerimaan Diri

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui manajemen layanan konseling individu untuk meningkatkan penerimaan diri peserta didik berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Trimurjo Lampung Tengah.Jenis penelitian ini ialah kualiatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran, dan peserta didik berkebutuhan khusus.Data yang diperoleh peneliti melalui metode wawancara dan observasi ke subjek penelitian.Analisis data menggunakan model miles. Pengujian keabsahan dapat dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan layanan belum berjalan dengan optimal dikarenakan kurangnya persiapan fasilitas untuk peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Pelakasanaan layanan dilakukan dengan memberikan motivasi yang berlandaskan nilai-nilai gama. (3) Evaluasi pelaksanaan layanan dilakukan dengan pengamatan dan monitoring oleh guru mata pelajaran. (4) Tindak lanjut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dengan melaksanakan konseling lanjutan, home visit, dan alih tangan kasus. (5) Laporan dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling kepada pihak terkait dalam bentuk dokumen laporan bukan berbentuk foto.

Published
2022-12-11
How to Cite
Rahmawati, N., Wibowo, S. B., & Septora, R. (2022). Managemen Layanan Konseling Individu untuk Meningkatkan Self-Acceptance. Counseling Milenial (CM), 4(1), 101-113. https://doi.org/10.24127/konselor.v4i1.3147

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>