Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal menggunakan Media Film terhadap Pemahaman Jurusan di Perguruan Tinggi

  • Marzuki Noor Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Devita Putri Noviasari Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Layanan bimbingan klasikal, media film, pemahaman jurusan

Abstract

 Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen kelompok tunggal one group pretest-posttest design dan pengujian hipotesis ini menggunakan uji-t sama subjek yang analisa ini digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keadaan satu faktor dengan dua kali pengamatan. Pengukuran tentang pemahaman jurusan diperguruan tinggi yang dilakukan sebelum dan sesudah melakukan pendaftaran pada perguruan tinggi yang diinginkan.Pada populasi penelitian sebanyak 20 peserta didik.Sampel penelitian6 peserta didik menggunakan purposive sampling.Instrument pada pengambilan data menggunakan angket skala bogardus. Pada analisis data ini yang digunakan yaitu uji t. Hasil perhitungan data adalah thitung = 2.760 ttabel = 1,724, selain itu dapat di ketahui bahwa terjadi suatu peningkatan skor pretest sebesar 33,5 dan post-test sebesar 41 sehingga kenaikan skor yaitu sebanyak 7,5. Layanan bimbingan klasikal dengan media film sangat berpengaruh pada peserta didik SMA Negeri 1 Kotagajah.

Published
2022-06-29
How to Cite
Noor, M., Pranoto, H., & Noviasari, D. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal menggunakan Media Film terhadap Pemahaman Jurusan di Perguruan Tinggi. Counseling Milenial (CM), 4(1), 36-49. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/2348
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>