Langkah-langkah Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok secara Daring untuk Membantu Peserta Didik Mengenali Potensi Diri

  • Mudaim Mudaim Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Komang Nitasari Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Langkah-langkah Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok, Daring, Potensi Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Langkah-langkah Pra pelaksanaan, Pelaksanaan, dan Pasca pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara daring untuk membantu peserta didik mengenali potensi diri kelas X SMA Negeri 1 Kotagajah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif. Subjek data adalah guru BK serta peserta didik. Data yang diperoleh peneliti melalui wawancara langsung dan tidak langsung, serta mengunakan observasi dengan mengunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verikfikasi. data dapat diuji dengan cara perpanjangan keikitsertaan, triangulansi sumber data, dan triangulansi metodelogi (observasi dan wawancara). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah langah-langkah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara daring untuk membantu peserta didik mengenali potensi diri kelas X dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap pra pelaksanaan layanan, tahap pelaksanaan layanan, dan tahap pasca pelaksanaan layanan. Untuk evaluasi hasil pasca layanan yang sudah dilakukan maka didapat hasil bahwa pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Secara daring untuk membantu peserta didik mengenali potensi diri, jika dibuat angka peserta didik yang sudah mampu mengenali potensi diri yang dimiliki sekitar 50%, hal tersebut dikarenakan masi terdapat peserta didik yang belum mampu mengenali jenis-jenis potensi diri yang dimiliki dengan baik, selain itu diperlukanya faktor pendukung keberhasilan layanan dari peserta didik dalam mengenali potensi diri yang dimiliki serta diperlukanya upaya baik dari peserta didik ataupun dari guru Bimbingan dan Konseling, Selain itu dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok secara daring terdapat hambatan yang ditemukan seperti terkendala oleh sinyal /jaringan, kuota atau paket data dari anggota kelompok.

Published
2022-06-29
How to Cite
Mudaim, M., Pranoto, H., & Nitasari, K. (2022). Langkah-langkah Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok secara Daring untuk Membantu Peserta Didik Mengenali Potensi Diri. Counseling Milenial (CM), 3(2), 231-245. https://doi.org/10.24127/konselor.v3i2.2352
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>