Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Film Pendek terhadap Manajemen Waktu Belajar
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan media video terhadap manajemen waktu belajar. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan one gruop pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 10 peserta didik. Instrumen dalam pengambilan data menggunakan metode kuisioner model skala likert. Analisi data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil perhitungan data adalah thitung = 18,45 sedangkan ttabel = 2,262 dari signifikan (α) sebesar 0,05. Selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan skor pre-test diperoleh rata-rata 63,5 yang masuk dalam kategori mutu rendah, sedangkan skor post-test diperoleh rata-rata 93,5 yang masuk dalam kategori mutu tinggi dengan selisi skor pre-test dan post-test yaitu 30. Hal itu menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan media video berpengaruh terhadap manajemen waktu belajar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan media video terhadap manajemen waktu belajar peserta didik SMA Negeri 5 Metro. Bimbingan kelompok menggunakan media video sangat berpengaruh dalam meningkatkan manajemen waktu belajar peserta didik.