Upaya Guru Bimbingan dan Konseling mengatasi Kecemasan Peserta Didik dalam Menjalani Pembelajaran Secara Daring
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui guru Bimbingan dan Konseling Mengenali peserta didik yang mengalami kecemasan, upaya guru Bimbingan dan Konseling mengatasi kecemasan peserta didik dalam menjalani pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Punggur. Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Subjek data adalah guru Bimbingan dan Konseling serta peserta Didik. Data yang diperoleh peneliti melalui metode wawancara ke subjek penelitian. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan dapat dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Guru Bimbingan dan Konseing di SMA Negeri 1 Punggur mampu mengenali kecemasan peserta didik secara fisik dan behavioral (2) Guru Bimbingan dan Konseing di SMA Negeri 1 Punggur mampu memberikan upaya untuk mengatasi kecemasan peserta didik dalam menjalani pembelajaran daring dengan menggunakan layanan konseling kelompok.