Usaha Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Self Understanding Peserta Didik Melalui Carier Guidance
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan pemahaman diri peserta didik melalui Bimbingan Karier di SMK Negeri 1 Bumiratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengumpul data penelitian sekaligus menganalisis data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan pemahaman diri melalui Bimbingan Karier adalah dengan meningkatkan pengetahuan diri tentang bakat, minat, dan kemampuannya untuk memilih karier yang diinginkan. Guru Bimbingan dan konseling berupaya mengadakan layanan bimbingan karier bagi peserta didik yang masih memiliki keraguan dengan dirinya. Guru Bimbingan dan Konseling memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk mengenali diri, bakat, minat, dan kemampuannya agar lebih memahami dirinya sendiri sehingga peserta didik dapat menentukan arah karier yang diinginkan.