Keterkaitan Stres Akademik dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Metro
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada keterkaitan stres akademik dengan indeks prestasi mahasiswa bimbingan dan konseling program studi bimbinngan dan konseling universitas muhammadiyah metro. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian korelasi yaitu penelitian yang didalamnya membahas hubungan antara variabel satu dengan variable lainya. Jadi pada penelitian ini mencari hubungan antara variable X dan Y.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. 52 tanggapan responden digunakan dalam sampel penelitian berkat teknik sampling acak stratifikasi proporsional. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan kuesioner DASS-42 (Depression Anxiety Stress Scale-42) dan indeks prestasi mahasiswa lewat BAAK untuk mengukur tingkat stres. Analisis data memakai kolerasi spearman rank dengan SPSS versi 22 yang hasilnya dapat disimpulkan bahwa p value skornya 0,396 yang berada lebih besar dari 0,05 (0,396>0,05). Maka hal ini menunjukan bahwasanya tidak adanya korelasi yang signifikan antara Stres Akademik terhadap Indeks Prestasi.