Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Film Strip Untuk Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Daring
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan media film strip terhadap motivasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan media film strip untuk meningkatkan motivasi belajar daring pada peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari 9 orang peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket, dan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan bahwa Terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan menggunakan film strip terhadap motivasi belajar daring Hasil analisis yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,432 > 2,306 yang menjadikan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa jika layanan bimbingan kelompok ditingkatkan dengan berbagai media maka dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik..