PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Nurul Atieka Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Laras Anggraini Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Bimbingan Kelompok, Penyesuaian Sosial

Abstract

Anggraini, Laras. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Penyesuaian Sosial Peserta Didik
Kelas Xi Sma Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Nurul
Atieka, M. Pd. (II) Hadi Pranoto, M. Pd.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
bimbingan kelompok terhadap penyesuaian sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Punggur Lampung
Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020 dan pada aspek manakah dari penyesuaian sosial yang paling
dipengaruhi layanan bimbingan kelompok bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Punggur Lampung Tengah
Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan One Group
Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 282 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 9
peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument dalam penggambilan data
menggunakan metode kuesioner model skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil
perhitungan data adalah thitung = 12,5339 > ttabel = 2,015 dari signifikasi 0,05, selain itu diketahui bahwa
terjadi peningkatan skor pre-test sebesar 70 dan post-test sebesar 94 sehingga terjadi peningkatan skor
sebanyak 24. Hal itu menunjukan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial
peserta didik.Kesimpulan pada penelitian ini adalah Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap
penyesuaian sosial peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran
2019/2020. Bimbingan kelompok sangat berpengaruh pada semua aspek penyesuaian sosial.

Author Biography

Nurul Atieka, Universitas Muhammadiyah Metro

Anggraini, Laras. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Penyesuaian Sosial Peserta Didik
Kelas Xi Sma Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Nurul
Atieka, M. Pd. (II) Hadi Pranoto, M. Pd.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
bimbingan kelompok terhadap penyesuaian sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Punggur Lampung
Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020 dan pada aspek manakah dari penyesuaian sosial yang paling
dipengaruhi layanan bimbingan kelompok bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Punggur Lampung Tengah
Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan One Group
Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 282 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 9
peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument dalam penggambilan data
menggunakan metode kuesioner model skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil
perhitungan data adalah thitung = 12,5339 > ttabel = 2,015 dari signifikasi 0,05, selain itu diketahui bahwa
terjadi peningkatan skor pre-test sebesar 70 dan post-test sebesar 94 sehingga terjadi peningkatan skor
sebanyak 24. Hal itu menunjukan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial
peserta didik.Kesimpulan pada penelitian ini adalah Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap
penyesuaian sosial peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran
2019/2020. Bimbingan kelompok sangat berpengaruh pada semua aspek penyesuaian sosial.

Published
2020-01-29
How to Cite
Atieka, N., Pranoto, H., & Anggraini, L. (2020). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Counseling Milenial (CM), 1(1), 41-49. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/57

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>