PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA MATERI PERMINTAAN KELAS VII SMP NEGERI 01 PENAWAR AJI

  • Nina Agustina Universitas Muhammadiyah Metro
  • Meyta Pritandhari Universitas Muhammadiyah Metro
  • Ningrum Ningrum Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Media Pembelajaran, Scientific Learning, Sparkol Videoscribe

Abstract

Media mempunyai peran yang penting dalam proses
pembelajaran. Namun masih terdapat media pembelajaran yang
masih belum mampu memenuhi kebutuhan peserta didik. Media
yang dipakai yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan konteks
materi dan soal-soal latihan. Selain itu selam pandemic Covid-19
pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga peserta didik sulit
memahami materi dan mengalami kebosanan dalam belajar.
Peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang mampu
menarik minat belajar peserta didik dan menyenangkan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media
pembelajaran sparkol videoscribe berbasis scientific learning pada
materi permintaan kelas VII yang valid dan praktis. Media yang
dikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteria
kelayakan media pembelajaran.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan
dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development,
Disseminate). Proses untuk menghasilkan media pembelajaran
diawali dengan tahap validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli
desain. Media pembelajaran diujicoba kelompok kecil pada 10
peserta didik kelas VII SMP Negeri 01 Penawar Aji. Uji coba
kelompok kecil digunakan untuk mengukur respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini
layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan
oleh hasil validasi dari ahli media dengan persentase sebesar
87,5% dengan kriteria sangat layak, hasil penilaian oleh ahli
materi dengan persentase 96% dengan kriteria layak, hasil
penilaian oleh ahli desain dengan persentase 82,8% dan hasil
pengujian dengan kelompok kecil yaitu 10 orang peserta didik
dengan persentase 92,4% dengan kriteria sangat baik. Maka media
pembelajaran sparkol videoscribe berbasis scientific learning
dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi
dalam proses pembelajaran.

Published
2022-05-31
Section
Articles