PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRCUIT LEARNING (CL) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

  • Desi Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Metro
  • Triani Ratnawuri Universitas Muhammadiyah Metro
  • Tiara Anggia Dewi Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Model Circuit Learning (CL), Media Kartu Soal dan Hasil Belajar Ekonomi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas hasil belajar, tujuan untuk mengetahui Adanya Pengaruh Penggunaan  Model Circuit Learning (CL) Berbantu Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X SMA Darma Utama Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Hasil analisis perhitungan menggunakan regresi liniar sederhana dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,02 > 1,72. Sehingga ada pengaruh positif penggunaan model Circuit Learning (CL) berbantu media kartu soal terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA darma utama lampung tengah tahun pelajaran 2020/2021 pada pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Peserta didik kelas eksperimen yang dinyatakan tuntas dengan KKM (70) setelah treatment sebanyak 79,2% (19 Peserta Didik), sedangkan yang belum mencapai tuntas belajar berjumlah 20,8% (5 Peserta Didik) dan kelas kontrol 72,7% (16 Peserta Didik), sedangkan peserta didik yang belum mencapai tuntas belajar berjumlah 27,3% (6 Peserta Didik). Sehingga, guru dapat menerapkan penggunaan model Circuit Learning (CL) berbantu media kartu soal dalam proses pembelajaran yang diselenggarakan.

Published
2022-05-31
Section
Articles